Friday, December 17, 2010

Tips Mencari dan Membeli Kamera Digital

Kamera digital apa ya yang cocok untuk saya? Yang bagus merek apa? Kamera A atau kamera B?
Bagi anda khususnya yang baru pertama kali mencari dan membeli kamera digital pasti sangat dipusingkan dengan pertanyaan-pertanyaan diatas. Berikut ada beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan untuk anda yang sedang mencari kamera digital.

1.       Kenali diri anda
Lholho koq…?? Yups, dalam mencari kamera yang cocok dengan anda, maka anda harus mengenali dulu diri anda sendiri, kebutuhan anda akan kamera, dan bagaimana anda menggunakan kamera itu dalam kehidupan anda.. Misalkan anda orang lapangan yang keluar masuk hutan dan mobilitas yang tinggi di luar ruangan (outdor), maka anda membutuhkan kamera yang bisa tahan dalam kondisi-kondisi kita perkrakan yang akan terjadi.  Berbeda halnya apabila anda hanya membutuhkan kamera untuk dokumentasi-dokumentasi sehari-hari , maka kebutuhan kameranya juga akan berbeda.
Nah, sudahkah anda mengetahui kebutuhan anda?

2.       Kenali  gadget atau jenis-jenis kamera serta fitur-fitur yang tersedia
Setelah pertanyaan diatas terjawab, maka anda melanjutkan ke tahap kedua yaitu kenali jenis-jenis kamera yang tersedia. Saat ini banyak sekali informasi-informasi mengenai kamera digital yang tersedia. Galilah informasi tersebut secara menyeluruh, sangat penting bagi anda untuk mengetahui fitur-fitur yang dimiliki sebuah kamera digital beserta aplikasi atau cara menggunakan fitur tersebut pada kehidupan nyata.  Disini saya menekankan pada kalimat yang bergaris bawah, karena sangat sering orang tergoda dengan fitur-fitur yang tersedia tetapi pada akhirnya fitur tersebut tidak pernah digunakan.

3.       Sesuaikan budget atau anggaran anda
Nah, setelah anda mengetahui kebutuhan dan jenis kamera yang anda butuhkan, maka sesuaikanlah anggaran yang anda alokasikan untuk kamera tersebut. Jika anggaran yang dialokasian ternyata kurang mencukupi, maka alangkah baiknya untuk menambah anggaran atau menunda pembelian (Harga kamera akan cenderung turun). Tapi apabila anggaran anda dirasa sudah cukup bahkan lebih, maka jangan terlalu memaksakan untuk menghabiskan seluruh anggaran untuk membeli kamera dengan fitur yang lebih tinggi, karena akan menjadi percuma apabila fitur yang lebih tersebut pada akhirnya tidak digunakan (mendingan dialokasikan buat yang lain).

Okeh, cukup sekian dulu, mohon maaf bila banyak kata-kata yang tidak sesuai..
semoga membantu..



1 comment:

  1. wah... mantab nich,,,, sedikit tambah pengetauhan...

    ReplyDelete